Catatan Harian

Naek AirAsia dari Soekarno Hatta International Airport

//www.worldairportguide.com/)

Soekarno Hatta International Airport (http://www.worldairportguide.com/)

bagi yang akan bepergian dengan pesawat di bandara Internasional Soekarno Hatta, ada baiknya anda mencari informasi mengenai posisi pesawat yang akan Anda naiki. hal ini penting mengingat jarak antar terminal lumayan jauh. anda tidak ingin ketinggalan pesawat bukan hanya gara-gara anda salah terminal. dari pengalaman kemaren, saya terpaksa berjalan kaki dari terminal A ke terminal C karena kurang memahami posisi pesawat yang tiketnya dibeli secara online. jika anda membeli tiket via Travel Agent, anda tidak perlu khawatir karena akan diberi tahu posisi terminal mana anda akan berangkat.

Bandara Soekarno hatta terdiri dari terminal internasional dan domestik. sebagai informasi, terminal domestik menempati terminal A, B, C (terminal 1) dan Terminal 3. sedangkan untuk terminal internasional menempati terminal D dan E (Terminal 2). klo anda naik bus Damri khusus bandara, anda akan diberi tahu oleh driver bus maskapai apa yang menempati terminal ketika bus berhenti menurunkan penumpang. Bus bandara terakhir beroperasi pada jam 23.00. Anda harus hati-hati dengan pesawat yang mengalami delay pada jam malam (diatas jam 21:00), karena kemungkinan anda tidak akan mendapatkan bis.

Saat ini, maskapai Indonesia AirAsia menempati terminal 3 untuk penerbangan domestik (sebelumnya menempati terminal 1C). check inlah maksimal 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. AirAsia menerapkan standar yang cukup ketat, jika anda check in pada saat 45 menit jadwal keberangkatan kemungkinan penerbangan anda dibatalkan akan sangat besar. anda tidak mau bukan tiket anda hangus?!!! 🙂

NOTE, posisi terminal dan maskapai Bandara Soekarno Hatta:

  • Terminal A : Lion Air, Wing Air
  • Terminal B : Batavia Air, Sriwijaya Air, Star Air
  • Terminal C : Jatayu Air, Citilink
  • Terminal D, E : Internasional
  • Terminal F : Garuda, Merpati
  • Terminal 3 : Mandala Air, AirAsia

Problem Mandiri Direct Debit Payment AirAsia

AirAsia.com

AirAsia.com

pernah mengalami masalah tidak bisa membayar booking tiket AirAsia dengan direct debit payment? saya juga pernah mengalaminya. tidak hanya sekali saja saya gagal bertransaksi, namun berkali-kali. padahal saya sudah memasukkan angka ke token sesuai petunjuk pembayaran dengan benar.

saya pikir ada yang salah dengan sistem pembayaran debit AirAsia. karena kesal, saya coba gugling “problem pembayaran direct debit payment”. saya mendapatkan beberapa link, yang salah satunya menuju ke link AirAsia.com. yang berisi langkah-langkah untuk transaksi dengan debit mandiri:

toolbar administrasi ibanking mandiri

toolbar administrasi ibanking mandiri

Catatan: Agar anda dapat melakukan transaksi dengan Kartu Debit Mandiri anda memerlukan hal-hal berikut ini:
1. Kartu Debit Mandiri
2. Terdaftar sebagai Internet Banking Mandiri user
3. Mengaktifkan Token Pin Mandiri
4. Mengaktifkan Kartu Debit untuk Authorized Payment
( Untuk keterangan lebih detil mengenai internet banking mandiri buka www.bankmandiri.co.id )

point 1-3 sudah saya penuhi, namun point ke 4 sempat miss. saya baru sadar, ternyata masalah selama ini karena saya belum belum mengaktifkan fasilitas Authorized Payment. sehingga transaksi yang saya lakukan selalu gagal.

aktivasi authorized payment

aktivasi authorized payment

untuk mengaktikan Authorized Payment, saya kembali ke internet banking mandiri ( www.bankmandiri.co.id) dengan mengklik menu administrasi – Authorized Payment – aktivasi. lalu saya ikuti step by step aktivasi dengan memasukkan no kartu atm hingga proses selesai.

setelah mengaktifkan authorized payment, saya kembali book tiket airAsia lalu saya bayar menggunakan direct debit payment dan transaksi booking tiket saya berhasil dilakukan.

Form Pendaftaran NPWP

akhir-akhir ini temen-temen kantor ribut mengurus NPWP. mulai bulan oktober 2008, mo ngredit motor, rumah dkk kudu alias wajib memiliki NPWP. nah buat yang mo ngurus NPWP dan lagi bingung nyari, formulir pendaftaran bisa anda dapatkan disini:

FORM NPWP

silahkan didownload dan diisi, diprint trus diurus tuh NPWP-nya

untuk Pendaftaran NPWP Massal Bagi karyawan Perusahaan, anda bisa mendapatkan dengan mengikuti link dibawah ini

Pendaftaran NPWP massal

sebagai catatan, file yang harus download sejumlah 5 file. sebelum bisa menggunakan file tersebut, anda harus menggabungkan ke 5 file tersebut dengan software hjsplit.

Indonesia Salary Guide 2008/2009

Kelly Indonesia Salary Guide 2008/2009

Kelly Indonesia Salary Guide 2008/2009

bingung mencari referensi salary yang berlaku di Indonesia? mo tao berapa kisaran salary di Indonesia tahun 2008/2009? silahkan download ebook Indonesia Salary Handbook di sini.

ebook tersebut menyediakan guide untuk berbagai posisi pekerjaan, mulai dari bidang perbankan sampai dengan sales dan marketing. itung-itung sebagai referensi anda, untuk melakukan nego gaji saat wawancara.

silahkan gunakan ebook tersebut sebagai acuan sesuai dengan posisi yang akan Anda lamar. atau bisa juga anda gunakan untuk nego gaji jika melakukan kontrak ulang.

semoga bermanfaat 🙂

Tips Komplain Ke Operator Seluler

buat para pelanggan operator telpon seluler, jika anda mengalami masalah call drop (sulit terhubung ke no yang laen), ada baiknya anda mengikuti tips berikut. beberapa hal yang perlu anda catat saat mengirim komplain ke CS adalah:

  • tanggal dan jam
  • No Anda (#A no, nomor pemanggil)
  • No Yang Anda hubungi (#B no, nomor panggil)
  • catat juga pesan yang muncul saat anda mengalami masalah panggilan, misal: “tut tut tut, telepon yang anda panggil belom terdaftar” dsb

informasi tanggal dan jam akan memudahkan teknisi di bagian BO (Back Office) untuk mentrace masalah Anda, dengan mengacu pada tanggal terjadinya masalah. sedangkan No Anda dan no yang anda panggil akan memudahkan tracing karena mempersempit pencarian data. sebagai catatan, sebaiknya saat terjadi gangguan, anda segera complain ke penyedia layanan. paling lama complain tidak melebihi 10 hari. biasanya log 10 hari ke belakang, akan dihapus karena memenuhi kapasitas server.

Ngintip jadwal KA yuk!

Jadwal Kereta Api

Jadwal Kereta Api

Bagi yang sering bepergian dengan KA, tak ada salahnya klo ngintip jadwal KA di http://ticketing.kereta-api.com/.  disana u bisa melihat jadwal, berdasarkan asal, tujuan dan jadwal keberangkatan KA hingga 30 hari kedepan. kita bisa melihat jumlah kursi yang masih tersedia serta harga tiket.

terkadang meskipun jadwal keberangkatan tepat, jadwal kedatangan belum tentu pas, apalagi klo keberangkatan molor :p. yang saya herankan, ada tiket yang dijual tanpa tempat duduk, alias berdiri. tau gmn rasanya berdiri di KA selama 12 jam (jkt-sby)? kalo ane belom pernah, mungkin ada yang mau coba2? 🙂

websitenya kadang-kadang time out (ngga kadang2 sih, tp sering), meskipun bandwitdh kita lumayan gede. terkadang muncul pesan: “kami tidak dapat mengubungi server ST.asal/tujuan saat ini”. ngga tau di sisi mana yang bermasalah. apakah disisi hosting, server atau karena banyak yang ngakses? yang jelas dengan query data yang sedikit, kemampuan menampilkan juga pas-pasan. KAI memang bener-bener payah 😦

bagi yang berencana mudik, siap-siap mengeluarkan kocek lebih. kabarnya PT KAI bakal menaikkan tarif menjelang n sesudah lebaran 🙂