Naek AirAsia dari Soekarno Hatta International Airport


//www.worldairportguide.com/)

Soekarno Hatta International Airport (http://www.worldairportguide.com/)

bagi yang akan bepergian dengan pesawat di bandara Internasional Soekarno Hatta, ada baiknya anda mencari informasi mengenai posisi pesawat yang akan Anda naiki. hal ini penting mengingat jarak antar terminal lumayan jauh. anda tidak ingin ketinggalan pesawat bukan hanya gara-gara anda salah terminal. dari pengalaman kemaren, saya terpaksa berjalan kaki dari terminal A ke terminal C karena kurang memahami posisi pesawat yang tiketnya dibeli secara online. jika anda membeli tiket via Travel Agent, anda tidak perlu khawatir karena akan diberi tahu posisi terminal mana anda akan berangkat.

Bandara Soekarno hatta terdiri dari terminal internasional dan domestik. sebagai informasi, terminal domestik menempati terminal A, B, C (terminal 1) dan Terminal 3. sedangkan untuk terminal internasional menempati terminal D dan E (Terminal 2). klo anda naik bus Damri khusus bandara, anda akan diberi tahu oleh driver bus maskapai apa yang menempati terminal ketika bus berhenti menurunkan penumpang. Bus bandara terakhir beroperasi pada jam 23.00. Anda harus hati-hati dengan pesawat yang mengalami delay pada jam malam (diatas jam 21:00), karena kemungkinan anda tidak akan mendapatkan bis.

Saat ini, maskapai Indonesia AirAsia menempati terminal 3 untuk penerbangan domestik (sebelumnya menempati terminal 1C). check inlah maksimal 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. AirAsia menerapkan standar yang cukup ketat, jika anda check in pada saat 45 menit jadwal keberangkatan kemungkinan penerbangan anda dibatalkan akan sangat besar. anda tidak mau bukan tiket anda hangus?!!!🙂

NOTE, posisi terminal dan maskapai Bandara Soekarno Hatta:

  • Terminal A : Lion Air, Wing Air
  • Terminal B : Batavia Air, Sriwijaya Air, Star Air
  • Terminal C : Jatayu Air, Citilink
  • Terminal D, E : Internasional
  • Terminal F : Garuda, Merpati
  • Terminal 3 : Mandala Air, AirAsia

24 comments

  1. sekedar menambahkan, star air dan jatayu sudah tidak beroperasi..

    sedangkan di terminal 1c ada citilink dan riau airlines

  2. pukul 23.00 itu dari bandara ato dari terminal lain (misal nya stasiun gambir)?? bus damri soeta lewat terminal 3 juga ga??
    mohon info nya… terimakasih…

  3. klo anda naik bus Damri khusus bandara, anda akan diberi tahu oleh driver bus maskapai apa yang menempati terminal ketika bus berhenti menurunkan penumpang. Bus bandara terakhir beroperasi pada jam 23.00.

    sedikit agak rancu disini, yang dimaksud bus bandara ini bus damri atau shutle bus? bus damri lewat semua terminal kok.
    sedangkan shutle bus yang disediakan oleh pihak bandara secara gratis untuk mengangkut penumpang yang ingin berpindah terminal dari terminal 1, 2, maupun 3.

    untuk terminal 3 pukul 23.00 keatas sepertinya sudah tutup karena sudah tidak ada penerbangan lagi..

  4. Hi, boleh tanya2 mengenai shuttle bus dari terminal 3 ke terminal 1 naiknya lewat mana ya? Apakah penerbangan internasional Air Asia di terminal 3 juga? Thanks infonya.
    Helen

    1. Hi juga bu helen, shuttle bus di terminal 3 biasanya berhenti di depan pintu keberangkatan. setahu saya, shuttle bus melewati semua terminal bu.
      T3 hanya untuk penerbangan domestik. maskapai yg menempati terminal 3 hanya AirAsia & Mandala. untuk penerbangan AirAsia rute internasional berada di termnial 2D (info terminal 2D soetta)

  5. mau nanya jika saya terbang dari yogya ke jakarta dengan mandala berapa jauh ke terminal 2 internasional dan transport apa yang bisa membawa saya ke terminal 2 ?

    1. jika naik mandala, brarti nanti anda turun di terminal 3. untuk ke terminal 2 anda bisa naik shuttle bus yg disediakan bandara soetta, free charge (gratis). biasanya dari terminal 3 singgah dulu ke terminal 1(A,B,C) baru ke terminal 2. kira2 klo dari terminal 3 ke terminal 2 membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit.

  6. hi, Mr. Ajid, boleh tanya schedule shuttle bus antar terminal, service shuttle bus terakhir jam brapa?
    Misalnya saya tiba di terminal 1 sekitar jam 21.00 dan untuk ke terminal 2,
    masih bisakah saya menggunakan shuttle bus? or
    Thank you

  7. mas mau tanya,jika dari terminal 2E ke termilan 1 C naik shutle bus dari mana mas?kira2 berapa menit sampai keterminal 1C?trima kasih mas infonya..

  8. hi, mau tanya ni.. shuttle bus antar terminal itu setiap berapa menit sekali? karena aku takut ketinggalan pesawat jika transit antar terminal, ini baru pertama kali, harap maklum🙂 tq sebelumnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s