[Excell] analisa data secara sederhana


minggu kemaren ketika bermain ke sebuah forum, chip forum lebih tepatnya, ane dptin pertanyaan dari seorang TS (trhead starter), lebih kurang demikian (copy paste dr forum)

Mohon bantuannya untuk yang biasa berkutat dengan excel. Itu seperti gambar diatas, gw lagi bikin analisa data pendapatan secara sederhana saja. Salah satu data yang gw perlukan adalah persentase kenaikan/penurunan omset bulan ini dibanding bulan sebelumnya.
Untuk lebih jelasnya kalau lihat hasil pada “C36” yg sebesar 4.78% itu adalah selisih dari income tgl 1-16 Juli dengan tgl 1-16 Juni. Rumusnya sih sederhana banget, bisa lihat di gambar diatas.
Permasalahannya adalah kalau gw mau hasil pada “C36″ itu bisa otomatis berubah dengan benar kalau gw nambah inputan data tanggal berikutnya, karena otomatis data pembandingnya juga berubah (pengurang dan pembaginya).

Gimana nih rumusnya ?? Udah cari” di internet tutorial Excel, nggak nemu

cukup jelas bukan? pertanyaanya adalah gimana caranya dia bisa ngitung otomatis, di bulan Juni, berdasarkan tanggal yang terisi di bulan Juli.
lebih jelasnya demikian, jika ada nilai di bulan juli pada range C2:C17, maka dia menginginkan agar range B2:B17 dijumlahkan. demikian juga jika ada nilai di range C2:C32, maka range B2:B32 juga ikut ditotal, demikian seterusnya. artinya jika ada nilai di range bulan juli, maka range bulan juni ditotal.
dapat diambil kesimpulan bahwa, nilai yang diharapkan adalah:
total = sum(B2:Bx), dimana C2:Cx harus > 0 (lebih besar dari nol, ada nilai 1 ke atas)
klo kita menggunakan fungsi sum, maka kita kudu mengotak-atik rumus secara manual. dengan menggunakana fungsi SUMIF(range; criteria; sum_val), permasalahan di atas dapat diselesaikan.
formula untuk menyelesaikan permasalahan diatas adalah sbb:
= SUMIF(C2:C32;”> 0″;B2:B32)

fungsi sumif diatas, akan menjumlahkan angka di range B2:B32, klo ada nilai di range C2:C32 (inget, B2:Bx dijumlahkan klo ada nilai di C2:Cx). dengan menggunakan criteria “> 0” (lebih dari nol, alias ada nilai), maka kita dapat menghitung pada range di C yang punya nilai saja. kenapa menggunakan range C2:C32? karena ada bulan yang memliki jumlah hari 31, sehingga jika hanya dibuat sampai range C31, jika ada tanggal 31 tidak akan ikut dihitung🙂

thats all, mudah bukan?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s