[EXCELL] nampilin hari berdasarkan tanggal


selama beberapa hari ane nyari fungsi untuk menampilkan hari berdasarkan tanggal di kompas, akhirnya ketemu juga. beberapa bln ini emg ane bikin report mingguan dan bulanan untuk jadwal shift dan absensi. semua dilakukan secara manual, menggunakan fungsi copy paste excell.

memang mudah, namun kurang praktis, apalagi bwt ane yang males ngetik or sekadar copy paste. pengennya semua serba instant. nyari2 fungsi untuk mendapatkan hari di excell lumayan susah (bagi saia). ane pikir nama fungsinya Day, DayOfWeek or yg laen. setelah ketik sana, ketik sini fungsi yang di cari g ketemu.

hari ini kebetulan lagi buat fungsi di excell bwat nampilin LAC dan CI dari CDR (call data record pelanggan three). secara kebetulan ane dapetin fungsi bwat nampilin hari pada tanggal tertentu. ternyata fungsi tersebut sembunyi di fungsi TEXT. completenya spt dbwh ini:

TEXT(data; format)

contoh kasus.
untuk menampilkan hari pada tanggal 17/03/2008, u bisa menuliskan:

=TEXT(17/03/2008; “dddd”)

format “dddd” diatas akan menampilkan nama hari berdasarkan setting local, misal jika menggunakan setting indonesia, akan menampilkan hari sabtu. jika setting region dirubah ke inggris, maka yang ditampilkan adalah saturday

demikan dari ane, semoga bermanfaat

psst:
fungsi text jg bs digunakan untuk memformat hari penjumlahan tanggal, misalkan untuk mencari durasi pemakaian telp dsb😀

3 comments

Tinggalkan Balasan

