Nando dan Karunia Pendegaran


seorang balita laki-laki, bermain lincah di halaman rumah. klo di perhatikan dia seperti layaknya balita seusianya. tidak ada yang tahu apa yang kurang dari dirinya, sampai menginjak usia tiga tahun nando hanya bisa berteriak "aahhh" dan menangis. ketika dia di bawa ke spesialis THT, dokter mendiagnosa nando mengalami kesulitan pendengaran (tuli). kata dokter yang menangani, nando masih bisa bicara layaknya anak normal lainnya asalkan dia belum berusia > 5 thn. kebetulan saat di bawa ke dokter, usia nando saat itu belum genap 3 tahun, jadi masih ada harapan untuk normal.

sampai saat ini, nando masih mengenakan alat bantu pendengaran. nando pun hanya sekedar bisa bicara dengan suku kata terbatas. salah satunya mungkin "mama", "papa" dan sedikit kosa kata lain. kita berharap saja nantinya nando akan bisa bicara layaknya anak normal lainnya.

tadi pagi ayah nando mengutarakan keinginannya untuk mengiklankannya di web, sambil berharap ada donatur bersedia memberikan dana untuk operasi nando. untuk satu telinga, biaya operasi membutuhkan dana sebesar 300 – 400 juta rupiah. dana yang dimiliki orang tua nando tidak mencukupi, karena setahu saya nando berasal dari keluarga kelas menengah ke bawah. lagi pula kalaupun di paksakan kekayaan orang tuanya tidak akan cukup, untuk biaya operasi tersebut.

Dalam perjalanan menuju ke kantor, saya merenung "betapa besar karunia Allah yang diberikan kepada saya" saya bisa menikmati alunan musik, berbicara dsb karena saya masih diberi pendengaran yang sempurna. saya tidak perlu memakai alat bantu dengar dan operasi perbaikan genderang telinga seperti nando. saya juga tidak harus membayar mahal untuk bisa mendengar dan yang terpenting semua diberikan oleh Allah secara gratis.

pendengaran mungkin cuma satu dari sekian karunia yang diberikan pada-Nya kepada kita. bagaimana dengan karunia yang lain? bagaimana dengan udara yang kita hirup dengan gratis? ginjal yang membersihkan darah tanpa harus kita cuci darah ke RS? dan sebagainya dan sebagainya. sudahkah anda  bersyukur hari ini?

"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?" (Q.S. Ar-Rahman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s