Pasang Maksimum


beberapa hari ini ada kejadian yang bisa dibilang di luar kebiasaan. bagaimana tidak, bagi sebagian masyarakat yang tinggal di pesisir pantai akan mengatakan kejadian ini adalah kejadian luar biasa. ombak yang biasanya dalam keadaan normal maks hanya 1 meter ternyata mencapai  3-6 m.

sebagian objek wisata pantai terkena imbasnya. seperti yang terjadi di kute – bali, air naik hingga beton pembatas akibat tingginya gelombang. wisatawan tidak berani untuk melakukan kegiatan seperti biasanya. sebagian industri kecil juga mengalami keterpurukan, karena hantaman ombak tempat usaha mereka luluh lantak.

kejadian seperti ini klo dilihat dari kacamata ilmu pengetahuan adalah kejadian yang biasa. kejadian yang mengakibatkan tingginya volume air laut hingga mencapai 160 cm (normal 120-140 cm), diakibatkan oleh gaya grafitasi bulan dan matahari yang berada pada posisi sejajar. daya grafitasi bulan dan matahari yang sejajar dengan bumi akan menghasilkan grafitasi maksimum. inilah yang menyebabkan air laut mengalami pasang maksimum sehingga gelombang laut juga maksimum.

semoga kita tidak berprasangka klo kejadian ini adalah azab atau musibah dari-Nya. semoga juga kita g beranggapan ini ulah penguasa laut utara/selatan lagi murka (konyol banged euy🙂 ), akan tetapi kejadian ini adalah kejadian yang lumrah. istilah kerennya Sunnatullah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s