Paradoks Matematika


kmaren gw sempet baca-baca artikel yang diposting dimilis. isinya menarik sekalee, dan g pernah terpikirkan sedikitpun dalam benak gw. apa bener matematika itu ilmu yang pasti ataukah ada paradoks didalamnya? eh ternyata yang namanya matematika yang katanya ilmu pasti, g pasti2 amat koq. contohnya kek gini:

12 x 2 = 24,  dimana 12 = 24 / 2 atau 2 = 24 / 12.

lho apa hubungannya angka diatas dengan paradoks matematika? tentu ajah ada. coba u perhatikan contoh dibawah ini:

12 x 0 = 0, klo kita menuruti kaidah rumus diatas, untuk mendapatkan nilai 12 maka 0 harus dibagi dengan 0 kan? (12 = 0 / 0) nyatanya rumus diatas untuk 0 tidak berlaku. inilah yang dikatakan paradoks🙂

ada lagi contoh niy: 0 / 0 = 13??? bener coba u perhatikan operasi berikut: 13 x 0 = 0. brarti untuk angka-angka yang lain jg berlaku ( 0/0 bisa saja nilainya – (minus) tak terhingga hingga + (plus) tak terhingga).

any comment😀

4 comments

  1. keren..🙂

    sekarang itu bingungnya, ilmu pasti itu didefinisikan sebagai ilmu yang bagaimana?

    ipa juga sering dibilang sebagai ilmu pasti..

    padahal dalam kimia, biologi, fisika, serta ilmu alam lainnya banyak sekali ketidakpastian..

    maksudku gini,
    teori yang pernah diyakini pada suatu saat (dalam ilmu ipa tersebut) seringkali terbukti tidak benar dan dikoreksi oleh teori selanjutnya..

    bahkan dalam ilmu kedokteran ada dikatakan bahwa separuh dari ilmu kedokteran yang dipelajari saat akan salah pada masa 10 tahun kemudian..
    🙂

    mungkin yang namanya ilmu pasti itu ilmu coding, ilmu komputer, ilmu sosial, kayak gitu kali ya?😀

  2. ya iyalah seiring dengan berkembangnya ilmu maka akan semakin rumit pula ilmu yang akan kita dapatkan nantinya. dan tidak menutup kemungkinan apa yang kita anggap benar sekarang, belum tentu dimasa datang sebab adanya keterbatasan yang dimiliki manusia itu sendiri.

  3. ini namanya paradoks ketakberhinggaan, nilai 0/0, 13/0, itu nanti bisa diselesaikan atau didefinisikan dalam bentuk integral, Limit dan turunan. tapi yang jelas matematika adalah ilmu pasti…

  4. maaf numpang lewat.. menurut saya ga ad yg namax ilmu pasti,, kecuali ilmux Tuhan hee… dalam matematika jg gtu.. ga semuax pati tp dengan perhitungan qt dapat memperoleh hasil yang mendekati sehigga qt bisa melakukan penafsiran… pasti dalam matematika ada 2, yg disebut ‘pernyataan’ yaitu pasti benar dan pasti salah… klo paradoks yg di atas (keren bgt, thanks bisa nambah paradoks d buku saya? itu udh pasti salah,, krn pembagian oleh 0 di larang keras dalam matematika,, hee…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s