Error AJAX


beberapa hari yang lalu gw sempet bikin aplikasi web sederhana make ajax (PHP n MySQL). aplikasi yang gw buat jalan dengan mulus. beberapa hari berikutnya timbul masalah pada aplikasi ajax tersebut. scriptnya ngeload tapi g ada yang tampilkan. gw coba googling buat dapetin solusinya.

mula-mula gw coba tampilin pesan yang ada di script, untuk mengetahui error apakah gerangan yang tampil dengan menambahkan alert pada script AJAX tsb. selanjutnya gw cobain di browser, ternyata error yang tampil adalah 505 (HTTP Version Not Supported). masa iya headernya g support padahal gw g ngubah header tuh. gw edit header script web. gw ganti HTTP / 1.0 sampe HTTP /1.1 ternyata g pengaruh, tetep ajah hasil scriptnya g dijalankan, g ada tampilan di browser. selanjutnya gw masuk ke direktori apache tuk ngliat error log (error.txt di /apache/log) ternyata muncul pesen ini

[Fri Mar 09 09:30:39 2007] [error] [client 127.0.0.1] PHP Fatal error:  Cannot redeclare selangseling() (previously declared in E:\\www\\ajax\\php-function.php:255) in E:\\www\\ajax\\dbfunctions.php on line

weww ternyata masalahnya ada di function yang terdeklarasi dua kali (di file php-function.php dan dbfunction.php) sehingga menyebabkan script php ga dijalankan. gw apus salah satu functionnya n gw jalanin ternyata berhasil bo!!!

skr yang gw pikirkan adalah bagaimana cara menampilkan error di php via AJAX? klo berhasil gw g perlu liat errornya di error log, cukup liat di browser ajah. dan ini akan menjadi tantangan dan PR gw selanjutnya😀

doakan moga cepet selesai😀

2 comments

  1. amiiin..

    saya ga ngerti ajax..

    tapi thread bang ajib yang di GFXindo itu salah..

    bukannya, IM based AJAX..

    semestinya, AJAX-based IM..

    *koreksi dikit bole ya?*😀

  2. klo q koreksi ulang gemana? senenernya IM based AJAX kira-kira artinya begini: Instant Messenger yang dibangun/dibikin menggunakan teknologi AJAX. klo AJAX-based IM kan brarti AJAX yang dibangun berdasarkan instant messenger. lho bukannya yang ngebangun IM itu AJAX bukan sebaliknya? mana ada AJAX yang dibangun berdasarkan IM? ga ada toh. masa bahasa pemrograman yg gunanya untuk membangun suatu aplikasi malah menggunakan aplikasi IM untuk mendevelop? g nyambung to?!!😀

Tinggalkan Balasan

