Lebaran….


setiap lebaran tiba, akan jadi perbincangan hangat. ini terutama bila menyangkut kapan dimualinya 1 syawal yang bertepatan dengan lebaran. hal ini menarik karena setiap kali organisasi masyarakat muslim saling menggemukan pendapatnya masing-masing dalam penentuan hari raya Iedul Fitri.

2 organisasi islam yang terbesar yaitu Muhammadiyah dan NU, memliki cara sendiri-sendiri dalam menetapkan lebaran. yang satu menggunakan metode rukyatul hilal dan yang lain menggunakan metode hisab. Hasil dari kedua metode yang kalaupun berbeda, seharusnya tidak kita jadikan permasalahan, sebab kedua metode tersebut akan memperkaya pemahaman kita akan islam itu sendiri.

klo muhmmadiyah sudah menetapkan jatuhnya 1 syawal pada hari senin, 23 oktober 2006. sedangkan pemerintah dan NU menetapkan 1 syawal pada hari berikutnya yaitu pada selasa, 24 oktober 2006. namun untuk lebaran kali ini ada yang unik, NU Jatim menyebarkan penetapan 1 syawal pada hari seni sama seperti Muhammadiyah untuk seluruh wilayah Jatim. ini setelah badan rukyatul hilal yang berada di madura (tepatnya kota mana saya ngga tahu persis) melakukan observasi dan melihat hilal. saya sendiri berlebaran pada hari senen :d

****

lebaran berarti kemenangan. kemenangan kita atas hawa nafsu yang ditempa selama bulan Ramadhan. lebaran juga berari koreksi terhadap segala sesuatu yang telah kita lakukan sebelumnya. koreksi terhadap prilaku, sikap dan sebagainya yang bersifat kurang/negatif sehingga kita bs memperbaiki diri lebih baik dari sebelumnya. misalnya:  koreksi diri, bila kita mempunyai sikap/sifat yang kurang baik, seyogyanya kita bisa harus bisa memperbaiki dengan sikap yang baik pula. jika dalam perkerjaan kita kurang professional, maka kita harus mengadakan evaluasi diri agar lebih profesional lagi.

tradisi lebaran dikampung biasanya setelah selesai sholat Ied, warga berkumpul di rumah bersama keluarga untuk saling bermaaf-maafan. mereka biasanya disuguhi makanan baik kupat ataupun soto (mungkin ini dianggap mudah membuat dan menyajikan sehingga dipilih untuk menu lebaran) sambil mengobrol. warga yang datang tak hanya satu dua, klo saya perkirakan sekitar 30-an lebih orang berkumpul dirumah sambil menikmati hidangan. untungnya banyak keluarga dirumah yang membantu menyiapkan semuanya, sehingga tidak kewalahan saat melayani tamu yang berkunjung.

sebagian warga yang notabene adalah warga perumahan melakukan mudik kampung sebelum atau sesudah lebaran. sebagian lainnya mudik pada saat lebaran, tepatnya pada sore atau malam hari. sebagian lainnya ada yang ngga balik ke kampung yang mungkin biaya untuk pp dan perbekalan tidak mencukupi, atau juga mungkin karena tidak mempunyai sanak famili lagi.

Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1427 H
Mohon Maaf lahir Batin

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s