Instant Messenger?!!!


Instant Messenger? semua orang mungkin pernah mendengar kata tsb. namun sebenarnya apa sih IM itu?.

kejadian menarik saat saya kebingungan membuka YM. setiap kali saya mencoba untuk login ke YM, saya selalu mengalami kesulitan. mulai sign out sendiri sampai bla..bla..bla. akhirnya, saya coba-coba buka thread di forum. ada seorang yang bertanya bagaimana membypass proxy karena memang di tempat dia bekerja tidak mengizinkan untuk menggunakan YM. mungkin karena dianggap akan menggangu kinerja perusahaan, maka IM di blok.

Setelah saya baca thread tsb satu persatu, saya menemukan IM yang namanya meebo. pertama kali yang saya lakukan adalah membuka halaman website meebo, kemudian saya mencoba login dengan ID YM yang saya punya dan benar saya bisa login ke YM. saya bisa chatting dengan rekan yang sudah saya add kedalam alamat YM saya. tak lupa setelah puas menggunakan fasilitas yang ada pada meebo, saya sempatkan diri untuk membookmark website meebo tsb. hal ini sering saya lakukan agar saya tidak lupa jika suatu saat nanti saya ingin menggunakannya lagi.

website meebo bisa saya kunjungi untuk beberapa waktu. ternyata setelah beberapa bulan berlalu, halaman web meebo di blok oleh admin. saya ngga th alasannya knapa.

seperti biasa semakin sempit ruang gerak, semakin tidak puas dan semakin sering kt akan mencari cara/jalan keluar. saya mulai membuka google. saya gunakan keyword IM berbasis AJAX. waktu itu saya mendapatkan Meebo, e-messenger dan Kool IM. kedua website yang saya sebutkan diatas, ketika saya buka ternyata di blok oleh admin (memang meebo sudah terlebih dahulu diblok), hanya tinggal satu IM yang belum diblok.

banyak kelebihan yang kita peroleh dengan menggunakan IM berbasis web tsb. diantaranya ketika kt tidak perlu menginstall instant messenger, kt tinggal buka saja halaman web yang menyediakan IM tsb. dan selama kt punya account kt bs dengan mudah login.

selain kelebihan juga ada beberapa kekurangan, misalnya klo saya bandingkan dengan menggunakan YM biasa, pada IM web kt tidak bs melakukan buzz (th kan yang saya maksud?). selain itu juga kt tidak bs leluasa mentransfer file. yah kt berharap mudah2an dalam waktu dekat IM web tsb melakukan improve fasilitas.

Ada beberapa IM yang berbasis ajax yang bs kalian kunjungi (dengan catatan alamat web tsb tdak diblok ama admintongue.gif). beberapa yang disupport olehnya misal: ICQ, YM, AIM, MSN Google Talk. silahkan kunjungi website dibawah ini biggrin.gif

http://www.koolim.com/
http://www10.meebo.com/
http://www.e-messenger.net/
 

       

salam,

Tinggalkan Balasan

