Bulan: Agustus 2006

Semua Pasti akan Hilang!!!!

pernahkah anda berpikir suatu saat anda akan kehilangan sesuatu? jika tidak, anda perlu untuk memikirkannya kembali! berpikirlah bahwa sesuatu yang anda cintai sangat mungkin akan hilang dari sisi anda. bisa saat ini, besok atau dihari mendatang. setahun, dua tahun dst. mulai sekarang persiapkanlah diri anda untuk bs menerima kehilangan, karena dengan persiapan, anda akan dapat  melalui segalanya dengan mudah.

********
Kehilangan Sepeda Motor

hari minggu kemaren tepatnya tanggal 20 Agustus 2006 pukul 12:00. telp dirumah berbunyi. kakak saya yang menerima telp. klo g salah percakapan dilakukan selama 1 menit. kakak meminta saya untuk bersama ke daerah ketintang. waktu itu saya ngga tahu, buat apa kesana pikir saya. lalu saya tanyakan ada apa? dia ngomong klo motor saudara sepupu saya hilang.  "koq bs yah?!!" pikir saya dalam hati koq. saya merasa heran karena sebelumnya, kira-kira 3 thn yang lalu, motor sepupu saya juga hilang. motor F1ZR-CW tersebut belum satu bulan dibeli, tp sudah hilang.  "ada apakah gerangan?" pikir saya.

saya ambil jaket di kamar dan berangkat ke ketintang dengan membawa sepeda motor saya sendiri, sedangkan kakak saya sudah terlebih dulu berangkat dengan. kurang lebih 20 menit perjalanan yang harus saya lalui untuk sampai ke tujuan. saya menunggu saudara saya yang baru kehilangan tsb tak lama kakak juga sampai. 5 menit setelah kami disana sepupu saya datang, dia dibonceng oleh seorang anak smu yang belakangan saya ketahui adik pemilik rental t4 spd motor tsb hilang. sepupu saya baru saja mau ke polsek untuk melaporkan kehilangan spd. tp dia ngga th dimana polsek tsb. kami berangkat ke rental.

saya tanyakan bagaimana kejadian pada waktu itu. sepupu saya menjelaskan bahwa dia ke rental untuk memprint list ToGa yang digunakan RT nya untuk lomba. dia sampai rental sekitar jam setengah dua belas. sepeda di parkir di depan pintu rental, tak lupa dia me-lock setir. selama di rental dia selalu melihat kearah sepeda motornya, untuk memastikan klo-klo helm yang dia taruh di sepeda ngga diambil orang. kira2 3 menit dari waktu terakhir ketika dia melihat kearahnya, sepeda yang dibawanya sudah g ada di t4. dia kaget, lalu mencari ke sekitar rental tsb. pada akhirnya setelah pencariannya tidak membuahkan hasil, dia menelpon ke rumahnya. dia jelaskan ke kaka iparnya klo sepeda yang dia bawa hilang, kakak iparnya merespon kejadian tsb dengan menangis. selanjutnya ke kakak dia sendiri yang berada di Malaysia, baru akhirnya dia menelepon kerumah saya untuk meminta bantuan.

******************

kami berangkat ke polsek gayungan (ketintang termasuk wilayah polsek gayungan). kami ditrima oleh seorang polisi, mungkin umurnya > 40 thn. kakak saya menjelaskan klo baru saja kehilangan sepeda motor. pak polisi paruh baya kemudian menyaipkan berkas-berkas yang diperlukan. kemudian datang seorang polisi lagi yang lebih muda. dia menanyakan perihal kami ke polsek. kakak saya yang menjelaskan. polisi muda tersebut dengan tidak sopannya bertanya: "sampeyan habis minum?" katanya ke arah kakak saya. saya kaget, koq bs polisi ini berkata demikian!!. klo secara logika, ngga masuk diakal. masa orang mau ngrental pake minum (miras) dulu?!!!. blakangan saya ketahui dr sepupu saya klo polisi tersebut habis minum. ini diperkuat dengan adanya bau minuman, ketika sepupu saya berhadap2an dengannya. busyet polisi koq gitu?!!! 😦

untuk melengkapi persayaratan laporan kehilangan, sepupu saya diminta untuk memfoto copy STNK sepeda yang hilang. kakak saya yang melayani pertanyaan polisi paruh baya, yang akan digunakan untuk pernyataan kehilangan sepeda motor. selanjutnya saya dan sepupu kembali lagi ke rental. dia mau ke paranormal bersama adik pemilik rental tsb. sedangkan saya sendiri pergi ke rumah bibi saya di ketintang barat. cukup lama saya berada di rumah bibi. saya sempatkan juga untuk sholat dhuhur disana.

2 saudara sepupu saya datang –sepupu dari ibu (takim) dan sepupu dari bapak (antok).oia, kakak saya (kamal) nelp ke hp, dia bilang agar saya menyisir daerah dekat sepeda motor hilang. akhirnya bersama kedua saudara saya berangkat kembali ke rental. disana kak takim menaburkan semacam beras kuning yang didapat dari orang pintar. setelah itu kt berangkat bersama-sama mencek daerah sekitar rental. waktu itu saya pikir mungkin sepeda belum keluar dari lokasi. kebetulan ketika dihubungi oleh kak saya dr polsek, menurut polisi yang didengar klo sepeda blum keluar dari daerah ketintang. kak takim juga bilang klo menurut orang pintar yang dia datangi, memang spd masih disimpan di lokasi dekat hilangnya spd tsb. ya saya pikir knapa kt g coba aja sisir lokasi tsb. itung2 usaha n kalee ajah ketemu 😀

selesai menyisir lokasi, kt pulang kembali ke rumah bibi. kebetulan sepeda yang saya bawa saya tinggal disana n kami berjalan kaki. saya juga sempatkan diri untuk sholat ashar, lalu saya pulang ke rumah. sampai saat saya tulis artikel ini spd tsb blum juga ketemu.

kemaren saya mendapat email dari saudara sepupu (Ghanie) saya di Malaysia. dia menanyakan bagaimana caranya membakar memakai DVD. saya sempatkan ngebales emailnya. saya jelaskan bagaimana caranya. tak lupa pula saya bilang sama dia supaya bersabar thp musibah kehilangan tsb. keesokan harinya, dia mereply email saya tersebut. isinya seolah-olah dia tidak merasa khawatir dengan kehilangan tsb,  dia begitu nerimo. dia bilang klo spd hilang itu bukan hal yang penting, tp bagaimana cara mendapat gantinya itu yang lebih penting.

mungkin sebagian orang akan bersedih karena kehilangan. namun ada segelintir orang yang begitu nerima begitu saja kehilangan sesuatu. mungkin mereka berpikir itu hal yang sudah pasti akan terjadi dan tak mungkin terelakkan. sikap sabar dan tawakkal demikianlah yang mungkin layak ditiru.

….. the end

Tipe Wanita yang Disunnahkan untuk Dilamar

Dalam melamar, seorang muslim dianjurkan untuk memperhatikan beberapa
sifat yang ada pada wanita yang akan dilamar, diantaranya:

   Wanita itu disunahkan seorang yang penuh cinta kasih. Maksudnya ia
harus selalu menjaga kecintaan terhadap suaminya, sementara sang suami
pun memiliki kecenderungan dan rasa cinta kepadanya.

Selain itu, ia juga harus berusaha menjaga keridhaan suaminya,
mengerjakan apa yang disukai suaminya, menjadikan suaminya merasa tentram
hidup dengannya, senang berbincang dan berbagi kasih sayang dengannya. Dan
hal itu jelas sejalan dengan firman Allah Ta’ala,

Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untuk
kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan
merasa tentram kepadanya. Dan Dia jadikan di antara kalian rasa kasih
dan saying. (ar-Ruum:21).

   

   Disunahkan pula agar wanita yang dilamar itu seorang yang banyak
memberikan keturunan, karena ketenangan, kebahagiaan dan keharmonisan
keluarga akan terwujud dengan lahirnya anak-anak yang menjadi harapan
setiap pasangan suami-istri.

     Berkenaan dengan hal tersebut, Allah Ta’ala berfirman,
Dan orang-orang yang berkata, ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada
kami istri-istri kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami
imam bagi orang-orang yang bertakwa’. (al-Furqan:74).

     Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,
Menikahlah dengan wanita-wanita yang penuh cinta dan yang banyak
melahirkan keturunan. Karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya
jumlah kalian pada hari kiamat kelak. Demikian hadist yang diriwayatkan
Abu Daud, Nasa’I, al-Hakim, dan ia mengatakan, Hadits tersebut sanadnya
shahih.

   

   Hendaknya wanita yang akan dinikahi itu seorang yang masih gadis dan
masih muda. Hal itu sebagaimana yang ditegaskan dalam kitab Shahihain
dan juga kiab-kitab lainnya dari hadits Jabir, bahwa Nabi Shallallahu
Alaihi wa Sallam pernah bertanya kepadanya,

Apakah kamu menikahi seorang gadis atau janda? dia menjawab,"Seorang
janda."Lalu beliau bersabda, Mengapa kamu tidak menikahi seorang gadis
yang kamu dapat bercumbu dengannya dan ia pun dapat mencumbuimu?.

Karena seorang gadis akan mengantarkan pada tujian pernikahan. Selain
itu seorang gadis juga akan lebih menyenangkan dan membahagiakan, lebih
menarik untuk dinikmati akan berperilaku lebih menyenangkan, lebih
indah dan lebih menarik untuk dipandang, lebih lembut untuk disentuh dan
lebih mudah bagi suaminya untuk membentuk dan membimbing akhlaknya.

     Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sendiri telah bersabda,

Hendaklah kalian menikahi wanita-wanita muda, karena mereka mempunyai
mulut yang lebih segar, mempunyai rahim yang lebih subur dan mempunyai
cumbuan yang lebih menghangatkan.

Demikian hadits yang diriwayatkan asy-Syirazi, dari Basyrah bin Ashim
dari ayahnya, dari kakeknya. Dalam kitab Shahih al_Jami’ ash_Shaghir,
al-Albani mengatakan, "Hadits ini shahih."

   

   Dianjurkan untuk tidak menikahi wanita yang masih termasuk keluarga
dekat, karena Imam Syafi’I pernah mengatakan, "Jika seseorang menikahi
wanita dari kalangan keluarganya sendiri, maka kemungkinan besar
anaknnya mempunyai daya piker yang lemah."

   

    Disunahkan bagi seorang muslim untuk menikahi wanita yang mempunyai
silsilah keturunan yang jelas dan terhormat, karena hal itu akan
berpengaruh pada dirinya dan juga anak keturunannnya. Berkenaan dengan hal
tersebut, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, keturunannya,
kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat
beragama, niscahya kamu beruntung. (HR. Bukhari, Muslim dan juga yang
lainnya).

    Hendaknya wanita yang akan dinikahi itu taat beragama dan berakhlak
mulia. Karena ketaatan menjalankan agama dan akhlaknya yang mulia akan
menjadikannya pembantu bagi suaminya dalam menjalankan agamanya,
sekaligus akan menjadi pendidik yang baik bagi anak-anaknya, akan dapat
bergaul dengan keluarga suaminya.

Selain itu ia juga akan senantiasa mentaati suaminya jika ia akan
menyuruh, ridha dan lapang dada jika suaminya memberi, serta menyenangkan
suaminya berhubungan atau melihatnnya. Wanita yang demikian adalah
seperti yang difirmankan Allah Ta’ala,

"Sebab itu, maka wanita-wanita yang shahih adalah yang taat kepada
Allah lagi memelihara diri ketika suaminyatidak berada di tempat, oleh
karena Allah telah memelihara mereka". (an-Nisa:34).

   Sedangkan dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallam bersabda,
"Dunia ini adalah kenikmatan, dan sebaik-baik kenikmatannya adalah
wanita shalihah". (HR. Muslim, Nasa’I dan Ibnu Majah).

   Selain itu, hendaklah wanita yang akan dinikahi adalah seorang yang
cantik, karena kecantikan akan menjadi dambaan setiap insan dan selalu
diinginkan oleh setiap orang yang akan menikah, dan kecantikan itu pula
yang akan membantu menjaga kesucian dan kehormatan. Dan hal itu telah
disebutkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam hadits tentang
hal-hal yang disukai dari kaum wanita.

Kecantikan itu bersifat relatif. Setiap orang mempunyai gambaran
tersendiri tentang kecantikan ini sesuai dengan selera dan keinginannya.
Sebagian orang ada yang melihat bahwa kecantikan itu terletak pada wanita
yang pendek, sementara sebagian yang lain memandang ada pada wanita
yang tinggi.

Sedangkan sebagian lainnya memandang kecantikan terletak pada warna
kulit, baik coklat, putih, kuning dan sebagainya. Sebagian lain memandang
bahwa kecantikan itu terletak pada keindahan suara dan kelembutan
ucapannya.
Demikianlah, yang jelas disunahkan bagi setiap orang untuk menikahi
wanita yang ia anggap cantik sehingga ia tidak tertarik dan tergoda pada
wanita lain, sehingga tercapailah tujuan pernikahan, yaitu kesucian dan
kehormatan bagi tiap-tiap pasangan.

sumber: NN (gw g th ni artikel asalnya dr mana, berhubung bagus jd gw ambil ajah :D)

Pernah Tenggelam?

pernahkah anda berpikir akan mati tenggelam? saya pernah mengalaminya. yang saya ingat cuma ditiga tempat yang berbeda.

pertama kali saya ingat waktu saya lagi di pulau pinang malaysia. saya berangkat dari kongsi (istilah tempat tinggal sementara di dekat gedung yang akan dibangun) pada sore hari. saya berangkat dengan sudara sepupu dan paman dari kongsi dengan berjalan kaki kebetulan tempat tinggal (kongsi) dekat dengan pantai.  mungkin klo g salah sekitar 500 m.

ketika saya sampai ke pantai saya lihat ombaknya besar setinggi badan saya. waktu itu klo g salah saya masih sd kelas 2. dan kebetulan pulau pinang memang berada di samudra hindia, jadi ngga heran klo ombaknya besar.

saya mulai mencoba masuk ke bibir pantai, perlahan lahan saja masuk ke air. semakin lama semakin ketengah. saya ngga sadar ketika itu kaki saya seolah-oleh terseret pasir yang saya injak. pasi tersebut tertarik oleh arus balik. saya coba jinjitkan kaki, namun karena kuatnya arus dan rapuhnya pijakan akhirnya saya terseret ketengah.

saya mulai panik. air laut asin skr mulai masuk ke dalam perut. entah brp sudah berapa liter yang tertelan kedalam perut. secara reflek, saya menggerakkan kaki dan tangan saya. setelah sekian lama saya berjuang untuk melepaskan diri dari ombak, akhirnya saya bs lepas. sayapun kembali ke pinggir pantai dengan perasaan shock. yang saya pikirkan bahwa bs saja saya mati saat itu. tp tidak, Tuhan menginginkan masih saya hidup.

cerita kedua ketika saya ke SUNWAY LAGOON (ini semacam tempat permainan air di negara bagian di malaysia). saya kesana bersama keluarga. kt berangkat waktu pagi hari, klo saya ngga salah sekitar jam 8 waktu stempat menggunakan mobil van.

di sunway lagoon, ada banyak permainan. mulai dari ombak buatan.seluncur dan sebagainya. saya mulai dengan permainan ombak buatan. saya bermain sepuas2nya. kemudain saya pindah ketempat lain.

pada saat saya berpindah itu saya melihat kolam renang dipenuhi dengan orang dewasa dan anak-anak. saya kira orang2 dewasa tersebut jongkok. tanpa pikir panjang saya menceburkan diri dengan melompat. pikir saya waktu itu setelah saya  masuk saya bs lsg menginjakkan kaki saya kedasar kolam. menang sebelumnya saya sempat ukur di bagian sisi lain kolam tersebut hanya setinggi dada saya.

setelah saya berada di tengah kolam tersebut, saya mulai menurunkan kaki dengan maksud supaya saya bs berjalan kepinggir. semakin lama saya coba, semakin tidak bs saya injakkan kaki saya di kolam tsb.  dan saya tersadar klo kolam tersebut dangkal. air dengan tanpa ampun mulai masuk kedalam perut. saya mulai menggerrak2an kaki dan tangan saya dengan harapan bs ke pinggir. tp ternyata g bs, saya tidak bs berenang.

saya pikir saya akan segera mati, but bagaikan malaikat penolong, mbak llifeguard melompat kearah saya dengan sigap. dilingkarkan tangannya ke dada saya, kemudian saya dibawa ke tepi kolam. dengan perut yang masih penuh dengan air, ….. bersambung (karena keterbatasan waktu)

Instant Messenger?!!!

Instant Messenger? semua orang mungkin pernah mendengar kata tsb. namun sebenarnya apa sih IM itu?.

kejadian menarik saat saya kebingungan membuka YM. setiap kali saya mencoba untuk login ke YM, saya selalu mengalami kesulitan. mulai sign out sendiri sampai bla..bla..bla. akhirnya, saya coba-coba buka thread di forum. ada seorang yang bertanya bagaimana membypass proxy karena memang di tempat dia bekerja tidak mengizinkan untuk menggunakan YM. mungkin karena dianggap akan menggangu kinerja perusahaan, maka IM di blok.

Setelah saya baca thread tsb satu persatu, saya menemukan IM yang namanya meebo. pertama kali yang saya lakukan adalah membuka halaman website meebo, kemudian saya mencoba login dengan ID YM yang saya punya dan benar saya bisa login ke YM. saya bisa chatting dengan rekan yang sudah saya add kedalam alamat YM saya. tak lupa setelah puas menggunakan fasilitas yang ada pada meebo, saya sempatkan diri untuk membookmark website meebo tsb. hal ini sering saya lakukan agar saya tidak lupa jika suatu saat nanti saya ingin menggunakannya lagi.

website meebo bisa saya kunjungi untuk beberapa waktu. ternyata setelah beberapa bulan berlalu, halaman web meebo di blok oleh admin. saya ngga th alasannya knapa.

seperti biasa semakin sempit ruang gerak, semakin tidak puas dan semakin sering kt akan mencari cara/jalan keluar. saya mulai membuka google. saya gunakan keyword IM berbasis AJAX. waktu itu saya mendapatkan Meebo, e-messenger dan Kool IM. kedua website yang saya sebutkan diatas, ketika saya buka ternyata di blok oleh admin (memang meebo sudah terlebih dahulu diblok), hanya tinggal satu IM yang belum diblok.

banyak kelebihan yang kita peroleh dengan menggunakan IM berbasis web tsb. diantaranya ketika kt tidak perlu menginstall instant messenger, kt tinggal buka saja halaman web yang menyediakan IM tsb. dan selama kt punya account kt bs dengan mudah login.

selain kelebihan juga ada beberapa kekurangan, misalnya klo saya bandingkan dengan menggunakan YM biasa, pada IM web kt tidak bs melakukan buzz (th kan yang saya maksud?). selain itu juga kt tidak bs leluasa mentransfer file. yah kt berharap mudah2an dalam waktu dekat IM web tsb melakukan improve fasilitas.

Ada beberapa IM yang berbasis ajax yang bs kalian kunjungi (dengan catatan alamat web tsb tdak diblok ama admintongue.gif). beberapa yang disupport olehnya misal: ICQ, YM, AIM, MSN Google Talk. silahkan kunjungi website dibawah ini biggrin.gif

http://www.koolim.com/
http://www10.meebo.com/
http://www.e-messenger.net/
 

       

salam,

Menulis Itu Sulit?

saat pertama kali anda ingin menulis, apa yang benak anda bayangkan? apalagi anda tahu anda  bukanlah seorang yang gemar dan bakat coret-mencoret dengan tinta.

anda tahu saya bukanlah seorang penulis yang handal, bukan pula penulis yang hebat. namun saya cuma punya satu modal, apapun klo kita niatkan dengan sungguh-sungguh pasti Tuhan akan memberikan jalan.

pertama kali yang mungkin akan hadapi saat mulai menulis adalah kesulitan menemukan topik. selanjutnya adalah bagaimana menjabarkan ide menjadi sesuatu yang detail :p